Pantai Rubiah Sabang Aceh

Wednesday, August 24

Salah satu tempat wisata bahari yang cukup terkenal di Aceh adalah Pulau Rubiah. Objek wisata ini merupakan kerajaan bawah laut habitat ikan hias seperti nemo, angel fish, lion fish, dan merupakan lokasi transplantasi karang yaitu rehabilitasi terumbu karang dengan cara pencangkokan.

Pantai Rubiah masih masuk wilayah pulau Weh atau 150m dari Pantai Teupin Layeu (Pantai Iboih). Rubiah sendiri berasal dari nama Nyak Rubiah, salah satu keramat dari 44 keramat yang menjaga Kota Sabang. Keindahan bawah laut pulau ini tidak diragukan lagi, banyak wisatawan yang datang sekedar untuk berenang atau bermain dengan ikan hias.

Daya tariknya berupa taman laut membuat snorkeling dan diving menjadi aktivitas favorit. Pun begitu jika anda tak mahir berenang atau menyelam, anda tetap bisa menikmati keindahan bawah laut hingga kedalaman 10-15 meter dengan menggunakan perahu kaca.

Pantai Rubiah Sabang Aceh
Photo source: imgrum.net
Lokasi

Pantai Rubiah terletak di Kelurahan Iboih, Kecamatan Sukakarya, Sabang, Nangroe Aceh Darussalam, Pulau Sumatera. Pulau yang seluas 26 hektar ini menawarkan keindahan surga bawah laut dan wisata bahari yang sangat memukau. Bahkan pulau ini dijuluki sebagai surga taman laut. Hal ini dikarenakan pulau ini layaknya sebuah akuarium yang berisikan berbagai macam hiasan di dalamnya.

Akses

Wisatawan yang ingin ke Pulau Rubiah dapat menggunakan rute dari Banda Aceh menuju Pulau Sabang dengan menggunakan kapal ferry atau speedboat. Waktu tempuh dari Banda Aceh menuju Pulau Sabang dengan menggunakan kapal ferry akan memakan waktu sekitar 90 menit dengan harga tiket mulai dari Rp. 30.000 per orang sekali jalan. Sedangkan dengan menggunakan speedboat akan sedikit lebih cepat, yakni sekitar 45 menit dengan biaya sewa mulai dari Rp. 50.000 per orang sekali jalan. Setelah tiba di Pulau Sabang, para wisatawan melanjutkan perjalanan menuju pulau Rubiah menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Fasilitas dan Akomodasi

Beberapa fasilitas dan akomodasi yang akan Anda temukan di sekitar Taman Wisata Alam Pulau Weh adalah pondok-pondok penginapan di sekitar Pantai Iboih yang dibangun oleh masyarakat, shelter, MCK, masjid, kios cendera mata dan hotel yang terdapat di Gapang. Selain itu terdapat juga berbagai fasilitas yang berada di Pulau Rubiah yang dibangun oleh Dinas Pariwisata Dati I D.I. Aceh antara lain yaitu pusat kegiatan menyelam yang dilengkapi dengan fasilitasnya (perahu motor dan peralatan selam), mushola, shelter, MCK, rumah jaga, menara pengawas, jalan setapak, dan taman.

No comments:

Post a Comment

 
Copyright © 2019. Wisata Pantai - All rights reserved.
Design by Themes Paper. Powered by Blogger. All trademarks are the property of their respective owners.
Creative Commons License